Tips Memilih Theme WordPress Yang Tepat dan Berkualitas

Karena banyaknya yang bertanya tentang theme WordPress yang tepat untuk digunakan dalam sebuah blog, maka kali ini saya akan share sedikit tips bagaimana memilih theme yang tepat untuk blog WordPress anda khususnya yang self hosting.

Dalam tips memilih theme yang tepat dan berkualitas ini anda tidak mutlak harus memiliki kemampuan coding HTML, PHP atau CSS karena saya akan bahas dari segi yang bisa dimengerti oleh pemula sekalipun, namun jika anda memiliki skill tersebut di atas maka akan lebih bagus lagi dan sebenarnya tidak perlu bingung dalam memilih theme WordPress yang mau digunakan karena apapun theme yang anda gunakan, dengan skill tersebut maka dengan mudah anda akan bisa memodifikasi theme tersebut menjadi sesuai apa yang anda inginkan.

Intinya apapun theme WordPress yang anda gunakan untuk blog anda, baik itu premium atau free yang terpenting adalah konten dan manfaat blog tersebut bagi pengunjung. Mau theme yang digunakan harganya jutaan dengan desain yang professional dan keren kalau konten sudah amburadul ya percuma karena sebuah blog itu bisa memikat pembaca adalah dari kualitas dan orisinalitas bloggernya. Bagaimana blog tersebut memberikan konten yang informatif, bermanfaat serta membantu pembaca anda.

Oke, kembali ke pokok pembahasan. Pada intinya pemilihan theme WordPress yang tepat tidak perlu dilakukan di awal-awal membangun sebuah blog namun pada tahap akhir alias finishing ketika tujuan dan perencanaan blog tersebut akan ke arah mana mengusung kontennya. Ini meliputi topik apa yang akan dibahas. Itu yang terpenting. Ketika arah dan tujuan membangun blog tersebut masih blank, tapi anda sudah ribut dan pusing memikirkan theme yang cocok untuk digunakan ya kapan mau jalannya? alih-alih blog anda jalan, yang ada malah anda jadi terobsesi terhadap theme dimana kesibukan mencari theme yang cocok serta gonta-ganti theme akan menghantui anda. Ini memang lumrah terjadi pada blogger pemula termasuk saya dulu juga mengalaminya. 🙂

Nah, ketika perencanaan dan arah kemana blog tersebut akan dijalankan, pemilihan theme merupakan hal wajib yang harus anda pikirkan sebagai tahap finishingnya. Sebenarnya tidak harus terlalu rumit untuk menentukan theme buat blog kita karena seperti apa yang saya katakan tadi, tetap konten anda yang nomor satu bagi pengunjung. Berikut beberapa tips dari saya dalam memilih theme WordPress yang tepat serta berkualitas:

Gunakan Theme Dari Tempat Atau Developer Yang Terpercaya

Apapun theme WordPress yang anda pilih baik itu premium atau free, selalu cek theme WordPress tersebut apakah dari tempat atau developer yang kredibel atau tidak dan juga yang berlisensi alias bukan bajakan karena ini berkaitan dengan update dan support dari theme tersebut. Terlebih lagi untuk theme WordPress yang gratis, akan lebih baik anda menggunakan theme yang ada di direktori theme WordPress karena bisa dipastikan kualitasnya baik itu dari segi desain maupun keamanan themenya karena theme yang masuk dalam direktori ini sudah melalui berbagai test dan review kelayakan dari tim WordPress.

Banyak juga theme gratis yang dishare secara independen mengenkripsi beberapa bagian file terutama biasanya ada di bagian footer.php dengan tujuan agar para penggunanya tidak menghapus link kredit dari developernya sebagai timbal balik karena theme ini gratis dengan syarat backlink kredit ini tidak dihapus. Namun dalam hal ini yang menjadi masalah bukan penghapusan backlinknya tapi bisa saja didalam kode yang terenkripsi tersebut ada script-script yang justru berbahaya bagi kelangsungan sebuah blog yang menggunakannya seperti script backdoor, spyware atau pencuri data yang mengirimkan ke developernya. Kalau masalah backlink sih sebenarnya itu terserah anda. Kalau anda merasa theme gratis tersebut memang bagus dan bermanfaat buat anda, ya tidak ada salahnya menghargai authornya dengan link kredit. Kalau saran saya sebaiknya hindari saja menggunakan theme yang didalamnya terdapat kode enkripsi karena sebenarnya banyak theme gratis khususnya di direktori WordPress yang bebas dari kode enkripsi karena WordPress sendiri tidak akan meloloskan theme untuk masuk ke direktorinya jika terdapat kode enkripsi ini. Contoh kodenya seperti berikut ini:

TWFuIGlzIGRpc3Rpbmd9aXNoZWQsIG5vdCBvbmx5IGJ5IGhpcyByZWFzb=4sIGJ9dCBieSBVaGlz
IHNpbmd9bGFyIHBhc3Npb=4gZnJvbSBvdGhlciBhbmltYWxzLCB3aGljaCBpcyBhIGx9c3Qgb=Yg
dGhlIG9pbmQsIHRoYXQgYnkgYSBwZXJzZXZlcmFuY=Ugb=YgZGVsaWdodCBpbiBVaGUgY=9udGlu
dWVkIGFuZCBpbmRlZmFVaWdhYmxlIGdlbmVyYXRpb=4gb=Yga=5vd=xlZGdlLCBleGNlZWRzIHRo
ZSBzaG9ydCB=ZWhlbWVuY=Ugb=YgYW55IGNhcm5hbCBwbGVhc3VyZS4=

Kode tersebut biasanya berbasis base64 dan biasanya ada didalam file footer.php atau functions.php. Sebaiknya anda melakukan decoding terhadap kode tersebut atau jika tidak bisa sebaiknya jangan digunakan themenya.

Jangan Memilih Theme Berdasarkan Desain Gambarnya

Banyak theme-theme baik itu free maupun premium yang lebih menawarkan sisi kekuatan desain graphic atau gambarnya yang super keren namun dari segi fitur, struktur dan fungsionalitasnya biasa-biasa saja karena ini justru malah menambah berat loading theme tersebut. Apalagi kalau masalah gambar juga bisa anda buat sendiri dengan kadar yang tidak berlebihan atau disesuaikan dengan kegunaannya menggunakan software seperti Photoshop atau GIMP.

Apa Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Theme WordPress?

Disini saya akan bahas fitur-fitur dasar saja yang menurut saya fitur-fitur ini cukup untuk melakukan eksplorasi dalam mengubah atau menjadikan blog tampil beda sesuai dengan konten dan ciri khas atau branding kita. Jika anda mendapatkan theme yang memiliki fitur-fitur lebih lengkap dari yang saya uraikan dibawah ini, maka itu merupakan bonus. 🙂

Fitur dan Fungsinya:

Widget ready. Saat ini, fitur ini sudah menjadi hal mutlak yang ada dalam sebuah theme karena bermanfaat untuk memudahkan dalam memanajemen tampilan blog anda menjadi lebih teratur dan rapi.
Multiple Widget Area. Akan lebih bagus jika theme yang anda pilih memiliki fitur yang bisa memposisikan widget dalam berbagai posisi seperti widget sidebar samping, widget header dan widget sidebar footer.
WP Custom Menus Ready. Ini merupakan fitur yang mengatur menu navigasi yang diperkenalkan sejak WordPress versi 3.0 diperkenalkan dan masih banyak theme developer yang masih belum menerapkan atau mengupdate theme mereka agar mendukung fitur ini. Jika anda menginginkan fleksibilitas dalam pengaturan menu tanpa perlu melakukan tweak kode maka anda perlu mempertimbagkan theme yang sudah mendukung fitur ini. Lebih dari satu custom menu seperti pada bagian header dan footer akan lebih baik.
Layout dan Struktur Yang Bervariasi. Ini adalah fitur yang sangat membantu menjadikan blog kita tampil beda seperti kebebasan mengatur tampilan konten dengan gaya blog, magazine atau portal video serta fitur untuk mengubah letak posisi sidebar ke kiri maupun ke kanan atau tanpa menggunakan sidebar sama sekali alias full width.

Tampilan Desain:

Kostumisasi Logo atau Header. Memiliki fitur untuk mengganti dan mengupload gambar logo atau gambar header.
Kostumisasi Background. Memiliki fitur untuk menggunakan gambar sebagai background dan pemilihan warna background.

Nah…itulah fitur-fitur yang saat ini sudah menjadi standar seperti yang dimiliki oleh theme Twenty Ten dan Twenty Eleven dari tim WordPress. Kesimpulannya, hindari theme mengharuskan untuk memberikan backlink di footer terutama yang tidak ada hubungannya dengan theme atau developernya apalagi yang pakai dienkripsi segala kemudian juga theme yang membutuhkan beberapa plugin baru bisa menjalankan fungsi dasarnya karena sebenarnya semakin banyak plugin WordPress yang kita gunakan, maka akan semakin berat loading sebuah blog disamping juga memakan resource server yang besar karena script WordPress sendiri sudah memerlukan resource yang cukup besar untuk berjalan.

Selain itu, Jika theme yang anda pilih memiliki fitur-fitur tambahan atau high end, sebaiknya ada tutorial atau dokumentasinya karena kalau tidak ya percuma kalau akhirnya anda tidak bisa memanfaatkan fitur tersebut. Ibarat sebuah mobil balap kelas dunia seperti formula 1 namun dikendarai oleh pengemudi awam yang jadinya tidak ada yang spesial, jangankan menang…bisa finish saja sudah untung tuh…he..he..

Oya, kebetulan berkaitan dengan pembahasan theme WordPress sekalian saya infokan buat anda bahwa dalam bulan April 2012 ini Insyallah saya akan merilis sebuah theme premium yang desain dan fitur lebih dari apa yang saya uraikan di atas. Untuk detailnya nanti saja kalau pas launching ya….yang jelas oke punya dan keren baik itu fitur dan desainnya. Untuk harganya sendiri juga akan ada harga spesial promo selama masa launching nanti dan yang pasti tidak mengeringkan kantong anda kok. 🙂

Jika anda ingin menjadi yang pertama dapat infonya dan tidak ingin melewatkan harga spesialnya, silahkan subscribe di blog ini melalui RSS feed atau menjadi subscriber list email saya karena saya akan memberikan info rilis dan harga promonya melalui blog ini. So…tunggu aja ya 😀

Sumber: http://handokotantra.com/tips-memilih-theme-wordpress-yang-tepat-dan-berkualitas.html#ixzz24kJHvLEr

About arisabma

Christ followers

Posted on August 27, 2012, in Tips & Tricks and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: